Rabu, 17 Oktober 2012

bore up honda vario techno

Tenaga honda vartech yang mempunyai kubikasi mesin murni 108cc gak begitu memuaskan, oleh karena itu saya melakukan bore up mesin vario saya,
Bahan bore up vario :
1. Blok asli AHM = 280K + ongkir 50K
2. Piston Kawasaki blitz joy os 100 = 230K
3. Karburator Mikuni 28 = 410K
4. Nokes as TDR = 280K
5. Klep EE = 170K
6. Roler TDR 12gram = 90K
7. Per CVT Kitaco 2000 rpm = 85K
8. Per klep TK Japan = 110K
9. Paking full set = 28K
10 belting CVT Kitaco = 180K
11. Dll yang kecil2+ ongkos = ± 500K

Mesin vario yang mempunyai radiataor hanya mampu memakai piston maksimal 57mm(blitz joy os 100), dii karenakan adanya jalur radiator, apa bila dii paksakan memakai piston 58mm(sonic) di kawatirkan akan bocor karena terlalu tipis.
Mesin vario yang mempunyai bore x stroke = 50mm x 55mm apa bila di hitung dengan rumus volume maka 0.785 x( 5.0x5.0) x 5.5 =108cc.
Dengan di bore up maka hasil yang di dapat 0.785x ( 5.7x5.7) x 5.5 = 140cc.
Dengan volume 140 cc cukup untuk harian,
Untuk ukuran spuyer karburator ukurannya pilot jet 45 mainjet 115.
CDI masih standar karena harga CDI BRT hyperband 820K cukup mahal.
Klep memakai ukuran in 25.5mm dan out 21.5mm.
Untuk memaksimalkan pengapian di pakai koil orisinal megapro, nine power 2 buah, cop busi kitaco dan busi tdr balistic.
Oli memakai shell helix HX 7, di ganti setiap 1000km.
Kompresi motor sengaja saya buat tak tinggi agar masih bisa minum premium bersubsidi.
Konsumsi premium sekitar 1 : 20.
Kalau pakai pertamax bisa lebih irit 2 ato 3 km.
Top speed hanya 100kpj karena kepentok sama limiter cdi standar.
0-80kpj diraih dalam jarak 60 meter dalam waktu 4 detik.
Next projek ganti knalpot R9, CDI BRT, karburator ninja PWL.

6 komentar:

  1. saya mau tanya , saya pakai piston KZ cuma pistonnya aja, dan mainjet pakai 110 trz kopling otomatis pkai kawahara yang 150rpm, tu akan optimal gk bang buat stelan harian, kirakira naik cc nya berapa tu bang...

    BalasHapus
  2. waaah...ubahan segitu cuma 100km/jam saja ya?sayang bgt..padahal saya juga mau bore up vario saya......
    1L=20km....boros habis namanya itu! klo di mio ya,sesuai pengalaman saya....full tank itu bisa bisa 150+km...mio saya speknya...:
    - piston smash 54mm(O/z 50)
    - knalpot standar
    - pilot jet 42S punya PE28
    - main jet standar mio soul(108)
    - nosel karbu pake supra x..lubangnya lebih banyak
    - porting in&ex
    - airbox di modifikasi,lubang isapnya di lepas(pada mio soul bisa di lepas)
    -intake manifold di porting biar pas dgn lubang head
    -roller pake 8&10gr
    -per cvt 2000rpm
    -puli primer alur rollernya di kikis biar jalur roller makin panjang(efeknya spt memperbesar gir dpn)
    -per klep ditambah dgn inner spring honda grand,panjangnya di sesuaikan
    -kem standar
    -cdi standar______
    - head di papas 0,5mm aja
    - back cut valve

    hasilnya lumayan....tarikan mantap...irit...kencang dan murah daripada beli paket jd...
    Top speed dgn spek diatas bisa diatas 120km/jam. tp jika di kombinasikan dg kem kawahara K1+knalpot kawahara K1..makin mantap lagi tarikannya....dan top speednya pun lebih dari 130km/jam( spuyer tetap)

    BalasHapus
  3. Punya saya mentok 130km/h.
    Spek. Piston vario 125 ov 100
    Cdi standar
    Karbu pe main jet punyae gl
    Irit. Dari semarang sampe jepara pebatasan pati bensin masih seperempat .

    BalasHapus
  4. Punya saya mentok 130km/h.
    Spek. Piston vario 125 ov 100
    Cdi standar
    Karbu pe main jet punyae gl
    Irit. Dari semarang sampe jepara pebatasan pati bensin masih seperempat .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu pe kabel gasnya dirubah ga? Terus itu mentok bagasinya g gan secara talinya kan diatas?

      Hapus
  5. Vario 110 pkai piston diameter 54,5mm apakah aman min??
    sarannya dong 🙏🙏

    BalasHapus